RSS

Manajemen Sandiwara

Banyak pemimpin perusahaan menerapkan model kepemimpinan, dan banyak buku yang membahas bagaimana efektifitas dari setiap model tersebut, namun pada kenyataannya tidak semudah apa apa yang ditulis atau diwacanakan dalam sebuah buku best seller sekalipun… yah termasuk tulisan saya ini…

Memperhatikan beberapa perusahaan dan model kepemimpinan yang pernah saya alami, 2 hal yang harus ada dalam perusahaan (1) TEKANAN dalam mencapai TARGET dan (2) KENYAMANAN dalam BEKERJA.

Dua hal tersebut apabila terdapat dalam satu pribadi akan sulit, kenapa karena akan dikatakan sebagai orang yang plin plan atau tidak konsistes, kadang memutuskan dengan tegas dan cepat kemudian meralat nya dalam hitungan hari bahkan jam.

So… solusinya adalah harus ada 2 orang dengan posisi penting yang memerankan 2 karakter yang berbeda dengan tujuan adalah mencapai target perusahaan. Orang pertama akan bertindak sebagai tokoh arogan, otoriter, kejam, dll dan Orang kedua berperan sebagai tokoh penuh kelembutan, menerima keluhan, memberikan solusi, memberikan kenyamanan dan kedekatan emosional, dll. Namun dua-dua nya tetap berjalan dalam koridor pencapain tujuan perusahaan.

Namun perlu diperhatikan bahwa untuk karir orang yang berperan antagonis harus jelas (akan menduduki posisi penting pada jenjang berikutnya) dan berperan sebagai “orang baik” agar stigma buruk terhapus secara sendirinya atas kros informasi dari masing-masing bawahan yang pernah dipimpinnya.

Mudah kah melakukan hal itu…belum tentu…teori memang mudah disampaikan, efektif kah… belum tentu juga… jadi lakukan manajemen kepemimpinan sesuai situasi dan konsidi yang pas dengan karakter personel yang ada didalamnya.

 

Leave a comment